Thursday, July 4, 2013

Sanggah / Merajan

Dari Facebook Ida Pedanda Gede Made Gunung 

Om Swastiastu,

Konsep sanggah / merajan adalah konsep agama hindu yang ada di Bali. Andaikata ingin mengikuti konsep sanggah / merajan seperti Agama Hindu di Bali, minimal ada tiga sanggah yang disebut dengan Tri Lingga yaitu Sanggah Kemulan, Anglurah dan Taksu. Andaikata hal ini tidak memungkinkan, misalnya saja lahan yang kurang atau biaya yang tidak mencukupi maka cukup dibuatkan Padmasari, sesuai dengan keputusan Parisada Hindu di Bali tahun 1999, yang mana jika situasi tidak memungkinkan maka tempat suci bisa hanya terdiri dari Padmasari saja.

Agama hindu adalah agama yang mengayomi dan mengangkat budaya lokal, konsep sanggah Tri Lingga merupakan konsep hindu di bali yang diterapkan oleh Ida Mpu Kuturan, karena di Bali agama sudah demikian menyatu dengan kehidupan sosial, politik, ekonomi masyarakat Bali. Tentu di setiap daerah penerapan Agama Hindu akan berbeda sesuai dengan budaya lokal daerah tersebut, misalnya agama hindu di Kaharingan tidak menggunakan sanggah, begitu juga dengan Agama Hindu di Kalimantan ataupun di India, namun pelaksanaan Agama Hindu tetap mengacu pada nilai - nilai Weda dengan implementasi local genius atau kekayaan lokal.

Mengenai upakara yang dihaturkan bentuk canang di bali juga akan berbeda dengan yang di luar bali, kembali pedanda sampaikan ini karena karakter dan kondisi masyarakat bali yang umumnya berjiwa seni sehingga bentuk canang dan upakara yang lainpun cenderung rumit dan artistik. Jika ingin mengikuti konsep hindu di Bali, bisa menggunakan canang sari dengan alas ceper, duras, porosan dan yang lainya. Namun jika budaya lokal di sana mempunyai bentuk canang yang berbeda itu tidak masalah, selama dipersembahkan atas ketulusan hati.

Om Santih, Santih, Santih, Om

No comments: